selamat datang di blog kami . . . semoga ilmunya bermanfaat . . .

Selasa, 30 November 2010

Macam - macam Kontrasepsi

A. PIL
Berupa lombinasi dosis rendah estrogen dan progesteron. Merupakan metode KB paling efektif karena bekerja dengan beberapa cara sekaligus, yaitu
- Mencegah ovulasi (pematangan dan pelepasan sel telur).
- Meningkatkan kekentalan lendir leher rahim sehingga menghalangi masuknya sperma.
- Membuat dinding rongga rahim tidak siap menerima hasil pembuahan.
Bila pasien disiplin minum nya, dapat dipastikan perlindungan "kontrasepsi" hampir 100 %. Selain itu, OC merupakan metode yang paling reversibel, artinya bila pengguna ingin hamil dapat langsung berhenti minum pil dan biasanya langsung hamil dalam 3 bulan.
Manfaat Tambahan OC. Selain berfungsi sebagai alat kontrasepsi, OC ternyata juga memberikan manfaat yang tidak langsung berhubungan dengan efek "kontrasepsi" (non-contraceptive benefits) yaitu menyembuhkan atau mengurangi resiko terjadinya beberapa kelainan atau keluhan tertentu, seperti :
- Siklus menstruasi yang tidak teratur (iregular cycle).
- Darah yang keluar pada saat menstruasi terlalu banyak (hiper-menore).
- Sindroma sebelum haid (premenstrual syndrome / PMS).
- Haid dengan rasa nyeri hebat di perut (dismenore)
- DenganmengkonsumsiOC, siklus haid menjadi teratur dan lebih ringan sehingga resiko terkena anemia dan defisiensi besi akan berkurang.

B. IMPLAN
Kontrasepsi susuk KB biasanya tersedia beberapa pilihan; 1 batang, 2 batang, dan 6 batang. 1,2 atau 6 buah batang ini dimasukkan di bawah kulit pada lengan bagian atas. Untuk jenis 1 dan 2 batang, biasanya sangat efektif untuk 3 tahun. Sedangkan jenis 6 batang sangat efektif dalam 5 tahun.

Di antara produksi yang tersedia di pasaran, susuk KB Sino Implant yang diproduksi Shanghai Daihua Pharmaceutical PRC bisa menjadi rujukan. Sino Implant ini adalah susuk silastik levonorgestrel yang setiap kepingnya mengandung 75 mg levonorgestrel. Untuk jenis 2 batangnya, efektivitas susuk ini mencapai 4 tahun.
Kontrasepsi hormonal susuk KB ini juga aman untuk ibu menyusui karena mengandung progesteron. Bandingkan dengan kontrasepsi hormonal melalui suntik KB. Suntik KB memiliki ‘masa suntik’ bervariasi. Ada per satu bulan. Ada pula per tiga bulan. Untuk KB suntik per satu bulan, wanita menyusui harus waspada: Jangan menggunakan karena adanya unsur estrogen.

Pil KB sebenarnya juga aman bagi wanita menyusui (karena mengandung hormon progesterone), tapi pil KB tidak cocok untuk wanita aktif. Pasalnya metode kontrasepsi ini menuntut ketaatan waktu. Sekali lupa, resikonya hamil sangat tinggi. arena fungsional dan manfaatnya, susuk KB yang diperkenalkan pertamakali di Indonesia tahun 1982 dapat diterima masyarakat.


C. SUNTIK

1. JENIS KB SUNTIK
Jenis-jenis alat KB suntik yang sering digunakan di Indonesia antara lain:
a. Suntikan 1 bulan ; contoh : cyclofem
b.Suntikan/3 bulan ; contoh : Depo provera, Depogeston (Harnawati, 2008).
2. CARA KERJA KB SUNTIK
a. Menghalangi ovulasi (masa subur)
b. Mengubah lendir serviks (vagina) menjadi kental
c. Menghambat sperma & menimbulkan perubahan pada rahim
d. Mencegah terjadinya pertemuan sel telur & sperma
e. Mengubah kecepatan transportasi sel telur.

D. SPIRAL
IUD (Intra Uterine Device) atau spiral: terbuat dari bahan polyethylene yang diberi lilitan logam, umumnya tembaga (Cu) dan dipasang di mulut rahim. Efektivitasnya 92-94%. Kelemahan alat ini yaitu bisa menimbulkan rasa nyeri di perut, infeksi panggul, pendarahan di luar masa menstruasi atau darah menstruasi lebih banyak dari biasanya.

E. KONDOM
Efektivitas 75-80%
Terbuat dari latex sebagai barier dari sperma.
Kegagalan terjadi karena kondom tidak dipasang sejak awal coitus atau terlambat menarik penis setelah ejakulasi.
Kekurangan :
- Mudah robek
- Mengurangi sensasi
- Membutuhkan waktu untuk pemasangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar