selamat datang di blog kami . . . semoga ilmunya bermanfaat . . .

Jumat, 19 November 2010

Diabetes Gestasional

lagi - lagi ada hal yang meresahkan pikiran ibu hamil, salah satunya ini nih yang mau kita bahas "Diabetes Gestasional" yuk kita belajar bareng2 apa sih yang satu ini ? ? ? ?

  • Definisi

Diabetes gestasional adalah gangguan dari glukosa yang dipicu olah kehamilan, biasanya menghilang setelah melahirkan (Murrai et al., 2002). Diabetes yang dialami oleh seorang ibu yang pernah menderita DM sebelum hamil dan ibu mengalami DM pada saat hamil disebut diabetes mellitus gestasional (Syafei Filiang, 1993).
Diabetes gestasional juga merupakan jenis diabetes yang terjadi pada wanita dalam masa hamil yang sebelumnya tidak menderita diabetes. Terjadi pada minggu ke 24 sampai ke 28 pada masa kehamilan. Walaupun diabetes pada masa kehamilan termasuk salah satu factor resiko terkena diabetes tipe dua. kondisi ini adalah kondisi sementara dimana kadar gula darah akan kembali normal setelah melahirkan.

  •  Etiologi

Penyakit diabetes mellitus yang terjadi selama kehamilan disebabkan karna kurangnya jumlah insulin yang dihasilkan oleh tubuh yang dibutuhkan untuk membawa glukosa untuk melewati membrane sel. Tanpa insulin yang adekuat, glukosa tidak dapat memasuki sel-sel untuk digunakan sebagai sumber energi dan tetap berada dalam daerah sehingga kadar glukosa darah meningkat di atas batas normal yang menyebabkan air tertarik dari sel-sel ke dalam jaringan atau darah sehingga terjadi dehidrasi seluler. Tingginya kadar glukosa darah menyebabkan ginjal harus mengsekresikannya melalui urine dan bekerja keras sehingga ginjal tidak dapat menanggulanginya sebab peningkatan laju filter glonurulus dan penurunan kemampuan tubulus renalif profesional/renalis untuk mereabsorbsi glukosa. Hal ini meningkatkan tekanan osmotik dan mencegah reabsorbsi air oleh tubulus ginjal yang menyebabkan dehidrasi ekstreaoseluler.
Penyakit diabetes dapat merupakan kelainan herediter dengan cara insufisiensi atau absennya insulin dalam sirkulasi darah, konsentrasi gula darah tinggi. Berkurangnya glikogenesis. Diabetes dalam kehamilan menimbulkan banyak kesulitan, penyakit ini akan menyebabkan perubahan-perubahan metabolik dan hormonal pada penderita yang juga dipengaruhi oleh kehamilan. Sebaliknya diabetes akan mempengaruhi kehamilan dan persalinan.

  •  Tanda dan gejala
 tanda dan gejala dari DM gestasional sangatlah mirip dengan penderita DM pada umumnya, yaitu:

1.                  Banyak kencing (poliuria).
2.                  Haus dan banyak minum (polidipsia), lapar (polifagia).
3.                  Letih, lesu
4.                  Mual, muntah
5.                  Obesitas
6.                  Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya
7.                  Lemah badan, kesemutan, gatal, pandangan kabur, disfungsi ereksi pada pria, dan pruritus vulvae pada wanita.
8.                  Gatal
9.                  Mata kabur
10.              Ketonemia (kadar keton berlebih dalam darah)
11.              Glikosuria
12.              Gula darak 2 jam > 200 mg/dl
13.              Gula darah sewaktu > 200 mg/dl
14.              Gula darah puasa > 126 mg/dl

  • Pathofisiologi
 
Dalam kehamilan terjadi perubahan metabolisme endokrindan karbohidrat sehingga terjadi inadekuatnya pembentukan dan penggunaan insulin yang berfungsi memudahkan glukosa berpindah ke dalam sel-sel jaringan. Tanpa insulin yang adekuat, glukosa tidak dapat memasuki sel-sel untuk digunakan sebagai sumber energi dan tetap berada dalam daerah sehingga kadar glukosa darah meningkat di atas batas normal yang menyebabkan air tertarik dari sel-sel ke dalam jaringan atau darah sehingga terjadi dehidrasi seluler. Tingginya kadar glukosa darah menyebabkan ginjal harus mengsekresikannya melalui urine dan bekerja keras sehingga ginjal tidak dapat menanggulanginya sebab peningkatan laju filter glonurulus dan penurunan kemampuan tubulus renalif profesional/renalis untuk mereabsorbsi glukosa. Hal ini meningkatkan tekanan osmotik dan mencegah reabsorbsi air oleh tubulus ginjal yang menyebabkan dehidrasi ekstrea seluler.
Karena glukosa dan energi  dikeluarkan dari tubuh bersama urine, tubuh mulai menggunakan lemak dan protein untuk sumber energi yang dalam prosesnya menghasilkan keton dalam darah. Pemecahan lemak dan protein juga menyebabkan lelah, lemah, gelisah yang dilanjutkan dengan penurunan berat badan mendadak ditambah terbentuknya keton akan cepat berkembang keadaan koma dan kematian.
Metabolisme karbohidrat Selma kehamilan karena insulin yang berlebihan masih dibutuhkan dalam perkembangan kehamilan. Progesteron dan HPL menyebabkan jaringan ibu resisten terhadapa insulin dan menghasilkan enzim yang disebut insulinase yang dihasilkan oleh plasenta, sehingga memepercepat terjadinya insulin. Bila pancreas tidak dapat memproduksi insulin secara adekuat, maka akan timbul suatu keadaan yang disebut hiperglikemia, sehingga dapat menimbulkan kompensasi tubuh seperti meningkatkan rasa haus (polidipsi), mengekskresikan cairan (poliuri) dan mudah lapar (polifagi).

  • Penangangan

Strategi terapi diabetes mellitus pada ibu hamil meliputi manajemen diet, menjaga berat badan ibu tetap ideal, terapi insulin untuk menormalkan kontrol glikemik dan olah raga.

1 komentar:

  1. The Gambling Hall of Fame - Dr. MD
    The Gambling Hall 순천 출장샵 of Fame I have been 전주 출장샵 a professional gambler since my 18 years in the gambling I 고양 출장샵 am the 구미 출장샵 biggest gambler in all of 진주 출장안마

    BalasHapus